Pesantren Tahfizh Sekolah Daarul Qur'an Bandung

 SDQI didirikan sebagai upaya subsidi silang buat pembiayaan santri-santri penghafal Al Qur'an. SDQI dibangun atas dasar wakaf dan sedekah untuk tujuan mulia.  Tujuan pendidikan  yang dimaksud adalah dalam rangka membentuk pribadi-probadi yang berkompeten memikul amanah “ Aqimishalata lidzikrii” dan  ang robbaka hatta ya'tiyakal yakin”. Adalah amanah yang diberikan kepada langit, bumi dan seisinya dan hanya manusia yang sanggup memikul amanah tersebut namun divonis oleh Allah “ innahu kana dzholiman jahuula”. Dasar inilah yang akan  ditanamkan dalam diri pendidik dan peserta didik dengan harapan akan selalu  terus bergantung pada Allah sebagai “ Allah Ashomad” tempat tujuan.

            Semangat inilah yang meng-ilhami para pendiri Yayasan Daarul Qur'an Indonesia  untuk mendirikan Sekolah Daarul Qur'an Internasional  dibawah bimbingan K.H Yusuf  Mansur Sebagai pelopor pencetus awal ide ini.

            Tujuan akhir dari proses pembelajaran  santri di SDQI adalah menjadikan santri sebagai pusat pengembangan potensi untuk mempersiapkan diri bagi kejayaan zamannya

            Mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan values santri, yang terinci dalam 4(empat)orientasi, yaitu :  cultural orientation, academic &carieer orientation, personal orientation  dan social orientation  sebagai fondasi utama dan terintegrasi ke dalam kurikulum dan program-program lainya.

           Four pillars of education, memberi kesempatan kepada setiap santri untuk:

ü  Mengembangkan kemampuan 'belajar tentang cara belajar'(learning to know)

ü  Belajar bagaimana memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan ke dalam praktik kehidupan    (learning to do)

ü  Belajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan menemukan peluang aktualisasi diri(learning to be)

Serta keterampilan untuk hidup bermasyarakat (learning to live together)

ü  Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara baik dan berkualitas dengan menggunakan   Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab.